riniraihan

KURIKULUM REKONSTRUKSI SOSIAL

Posted on: September 30, 2012

KURIKULUM

REKONSTRUKSI SOSIAL

 

 

 

MAKALAH

Di susun untuk memenuhi mata kuliah

“Pengembangan Kurikulum PAUD”

Yang dibina oleh Ibu Dr. Mardijah Moenir, S.Pd. M.Pd

 

 

 

 

                                                       KELOMPOK

                                    Binti Sulistiorini

                                    Reni Sulistiana

                                    Ratna Dwi Puspita Sari

                                    Ratiza Dhini Praweswari

                                   

 

 

 

 

 

 

 

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH

PRODI S1 PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI

Oktober 2011

KATA PENGANTAR

 

 

            Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah tugas mata kuliah Pengembangan Kurikulum PAUD yang berjudul “Kurikulum Rekonstruksi Sosial” dengan baik.

Penulis menyadari sepenuhnya atas segala kekurangan pada makalah ini dan penulis dengan senang hati dan akan menerima saran serta kritik demi kesempurnaan makalah ini. Atas segala saran dan bantuan, penulis sampaikan terima kasih.

 

 

 

 

 

Blitar,      Oktober 2011

 

 

 

 

Penulis            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

 

Halaman Judul……………………………………………………………….……. i

Kata Pengantar…………………………………………………………………… ii

Daftar Isi…………………………………………………………………………. iii

BAB I PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah………………………………………………1
  2. Rumusan Masalah…………………………………………………….1
  3. Tujuan Penulisan………………………………………………………2

BAB II PEMBAHASAN

  1. Pengertian kognitif dan krativitas anak usia 0-2 th…………………..3
  2. Perkembangan kognitif dan krativitas anak usia 0-2 th…………………5
  3. Upaya-upaya mengoptimalkan Perkembangan kognitif dan krativitas anak usia 0-2 th………………………………………………………10

BAB III PENUTUP

  1. Kesimpulan………………………………………………………………………………..13
  2. Saran…………………………………………………………………………..13

DAFTAR RUJUKAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

  1. A.      Latar Belakang

Ketika bayi dilahirkan ke dunia, dia memerlukan interaksi dengan orang lain. Interaksi inilah dasar bagi perkembangan sosial emosional seorang anak. Ketika dia berinteraksi, berbagai pengetahuan dan pengalaman baru terbentuk dan dikuatkan. Anak memperkaya bahasa dan kemampuan komunikasinya berkat adanya interaksi sosial. Dalam perkembangannya, anak mempelajari  berbagai aturan, norma dan nilai, juga melalui interaksi sosial.

 

Interaksi sosial yang sehat dan positif membantu meningkatkan perkembangan sosial emosional yang baik. Ketika kita berbicara masalah sosial emosional, ada dua hal yang terlibat, yaitu hubungan sosial dan perkembangan emosi. Hubungan sosial menyangkut hubungan anak dengan orang lain di sekitarnya, termasuk orangtua, teman sebaya, saudara kandung ataupun orang dewasa lainnya. Anak perlu memiliki hubungan sosial yang luas sehingga mudah menyesuaikan diri. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah meningkatkan frekuensi bermain dengan teman sebaya. Interaksi anak dengan teman sebaya dapat mengurangi sifat egosentris anak, serta memahami berbagai aturan sosial.

 

  1. B.       Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian dari latar belakang di atas, masalah-masalah yang dapat  dirumuskan adalah sebagai berikut:

  1. Apa pengertian social emosional anak usia dini?
  2. Bagaimana perkembangan social emosional anak usia dini?
  3. Model-model pengembangan social emosional anak usia dini?
  4. C.      Tujuan

            Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka makalah ini bertujuan untuk :

  1. menjelaskan pengertian social emosional anak usia dini
  2. menjelaskan perkembangan social emosional anak usia dini.
  3. Macam-macam model pengembangan social emosional anak usia dini.

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

  1. menjelaskan pengertian social emosional anak usia dini

      Menurut para ahli pengertian perkembangan social :

  1. Menurut Plato, adalah : Secara pontensi ( fitrah manusia dilahirkan sebagai makhluk sosial).
  1. Menurut Syamsuddin, mengungkapkan “Sosialisasi adalah proses belajar untuk menjadi makhluksocial
  2. Menurut Loree, “Sosialisasi merupakan suatu proes dimana individu anak melatih kepekaandirinya terhadapan rangsangan – rangsangan social terutama tekanan –tekanan dan tuntutan kehidupan serta belajar bergaul dengan bertingkah lakuseperti orang lain didalam lingkungan social.
  3. Menurut Muhibin. Mengatakan bahwa perkembangan sosial merupakan proses pembentukanpribadi dalam masyarakat.
  4. Menurut Hurlock, bahwa perkembangan sosial merupakan perolehan kemampuan berperilakuyang sesuai dengan tuntutan social.“Sosialisasi “ adalah Kemampuan bertingkah laku sesuai dengan norma nilaiatau harapan sosial“.

 

        Emosi adalah suatu keadaan yang kompleksi dapat berupa perasaan / pikiran yang di tandai oleh perubahan biologis yang muncul dari perilaku seseorang.

Menurut para ahli Pengertian Emosi :

  1. Menurut Goleman Bahasa “emosi” merujuk pada suatu perasaan atau pikiran. Pikirin khasnya,suatu keadaan biologis dan psikologis serta rangkaian kecenderungan untukbertindak”.
  2. Menurut SyamsuddinMengemukakan “emosi” merupakan suatu suasana yang komplek dangetaran jiwa yang meyertai atau muncul sebelum atau sesudah terjadinyasuatu perilaku.
  3. menjelaskan perkembangan social emosional anak usia dini.
  4. Macam-macam model pengembangan social emosional anak usia dini.

           

 

 

 

  1. A.     

 

 

 

BAB III

PENUTUP

 

  1. A.    KESIMPULAN
  2. B.     SARAN

 

DAFTAR RUJUKAN

maaf judul bukunya lupa,,,hehehe

yang penasaran boleh langsung menghubungi dosen saya

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: