riniraihan

Panduan Penulisan Media Parenting

Posted on: January 2, 2012

Panduan Penulisan Media Parenting

1. Sistematika
a. Halaman Judul
b. Kata Pengantar
c. Pendahuluan (berisi overview/pandangan sekilas tentang materi parenting yang akan disajikan secara utuh dan ringkas);
d. Pengertian (berisi konsep dan pengertian tentang materi yang menjadi pokok bahasan)
e. Ruang Lingkup (berisi aspek-aspek atau komponen-komponen materi parenting yang menjadi pokok bahasan);
f. Pentingnya (Mengapa diperlukan materi parenting yang jadi pokok bahasan, berisi apa yang terjadi bila materi parenting yang menjadi pokok bahasan tidak dikuasai dan diterapkan oleh orangtua dan keluarga anak);
g. Bagaimana guru menerapkan materi parenting yang jadi pokok bahasan pada orangtua dan keluarga siswa (berisi langkah-langkah praktis yang harus dilakukan guru kepada orangtua siswa agar orangtua siswa menerapkan materi parenting yang menjadi pokok bahasan pada anaknya di tengah keluarganya);
h. Bagaimana orangtua menerapkan materi parenting yang jadi pokok bahasan pada siswa di tengah keluarganya (berisi langkah-langkah praktis yang harus dilakukan orangtua untuk menumbuhkan materi parenting yang menjadi pokok bahasan);
i. Bagaimana orangtua dan guru mengevaluasi penerapan materi parenting yang jadi pokok bahasan (berisi tentang evaluasi proses, evaluasi hasil, substansi evaluasi proses, substansi evaluasi hasil, prosedur (metode) evaluasi proses, prosedur (metode) substansi evaluasi hasil);
j. Rangkuman/summarize (berisi ringkasan tentang materi dari awal sampai akhir. Dibanding dengan Pendahuluan/overview, ringkasan lebih rinci dan mendalam);
k. Pendalaman (berisi tes yang bisa mengungkap pemahaman pembaca (guru) tentang materi yang disajikan, bentuk tes baik berupa pertanyaan terbuka atau tertutup dengan jawaban pilihan ganda;
l. Balikan Hasil Pendalaman (berisi kunci jawaban yang benar dari tes yang disajikan dalam pendalaman serta balikan bagi pembaca, apa yang telah bisa dicapai dengan skor dan jawaban yang telah diberikan serta tindak lanjut apa yang perlu dilakukan pembaca, baik yang telah menguasai materi yang disajikan maupun belum mencapai tingkat pemahaman yang memadai;
2. Bahasa yang digunakan bersifat sederhana, mudah dimengerti;
3. Materi dan contoh-contoh diambilkan dari permasalahan pendidikan anak oleh keluarga dalam kehidupan sehari-hari, penerapannya juga berupa langkah-langkah praktis;
4. Bila memiliki foto-foto atau gambar ilustrasi yang relevan dengan pokok bahasan mohon dilampirkan;
5. Naskah akan diedit agar terjadi keseragaman dan kebersinambungan dengan naskah-naskah materi parenting yang lain;
6. Kertas ukuran setengah folio (8,5” x 6,5”), huruf arial/comic sans ukuran 10, spasi 1, kecuali untuk judul dan sub judul huruf bisa lebih besar; naskah sekitar 20 – 30 halaman (termasuk gambar/ilustrasi, kalau ada);

Contoh Sistematika

Contoh Judul Kemampuan Materi parenting yang dibahas:
Menjadikan Anak Berpikir Kritis
Isi meliputi:
• Pengantar
• Pendahuluan
• Apa Itu Kemampuan Berpikir Kritis?
• Meliputi Apa saja Kemampuan Berpikir Kritis itu?
1. Kemampuan Menganalisis Permasalahan untuk Menemukan Akar Permasalahan;
2. Kemampuan Menemukan Alternatif Pemecahan secara Kreatif, Sistematis dan Efektif
3. Kemampuan Memilih Alternatif Pemecahan Permasalahan yang Terbaik
4. Kemampuan Menyiapkan dan Mengorganisasi Pelaksanaan Alternatif Pemecahan yang Dipilih
5. Keberanian untuk Melaksanakan Alternatif Pemecahan yang Dipilih
6. Kemampuan untuk Mengevaluasi Tindakan Alternatif Pemecahan yang Sedang dan Telah Dilaksanakan
• Mengapa diperlukan Kemampuan Berpikir Kritis?
• Apa yang Perlu Dilakukan orangtua kepada anaknya dalam keluarga untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak?
• Apa yang Perlu Dilakukan Orangtua dan keluarga pada anaknya yang Mengalami Kesulitan utk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis?
• Apa yang Perlu Dilakukan Guru kepada Orangtua Siswa untuk membantu menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis?
• Bagaimana mengevaluasi Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis?
1. Evaluasi Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis
2. Evaluasi Hasil Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis
3. Substansi Evaluasi Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis
4. Substansi Evaluasi Hasil Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis
5. Prosedur Evaluasi Proses Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis
6. Prosedur Evaluasi Hasil Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis
Rangkuman
Pendalaman
Balikan Hasil Pendalaman
Daftar Pustaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: