riniraihan

teknik penulisan karya ilmiah

Posted on: February 28, 2011

ISI DAN FORMAT TUGAS AKHIR
ISI DAN FORMAT LAPORAN PENELITIAN

MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Yang dibina oleh Bapak Drs.Hadi Mustofa, M. Pd

Oleh
Binti Sulistiorini (100153405967)

UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH
PROGRAM STUDI S1 PAUD
Februari 2011
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah tugas mata kuliah TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH yang berjudul “ISI, FORMAT TUGAS AKHIR DAN ISI, FORMAT LAPORAN PENELITIAN”.
Dalam makalah ini, kami menjelaskan tentang FORMAT TUGAS AKHIR DESAIN ATAU IMPLIKASINYA, FORMAT LAPORAN PRAKTIK KERJA/INDUSTRI, LPORAN PENELITIAN KUANTITATIF, LAPORAN PENELITIAN KUALITATIF.
Penulis menyadari sepenuhnya atas segala kekurangan pada makalah ini dan penulis dengan senang hati dan akan menerima saran serta kritik demi kesempurnaan makalah ini. Atas segala saran dan bantuan, penulis sampaikan terima kasih.

Blitar, Februari 2011

Penulis

DAFTAR ISI

Halaman Judul…………………………………………………………………….i
Kata Pengantar……………………………………………….………………….ii
Daftar Isi…………………………………………………………..………………iii
Daftar Lampiran………………………………………………………………………………………iv

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah…………………..…………………..………1
B. Rumusan Masalah…………………………….………..………………2
C. Tujuan Penulisan……………………..……………..………………..2

BAB II PEMBAHASAN
A. ISI DAN FORMAT TUGAS AKHIR………………………..………….3
1. FORMAT TUGAS AKHIR DESAIN ATAU IMPLIKASINYA…………………………………………………………………3
2. FORMAT LAPORAN PRAKTIK KERJA/INDUSTRI…………9
B. ISI DAN FORMAT LAPORAN PENELITIAN……………………………..11
1. LAPORAN PENELITIAN KUANTITATIF………………………..11
2. LAPORAN PENELITIAN KUALITATIF…………………………..18

BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN……………………………………………………………………………..22
B. SARAN……………………….………………………………..………………..22

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman
1. contoh halaman sampul (lampiran 1)……………………. ………………23
2. contoh halaman logo(lampiran 2)………………………………………..24
3. contoh halaman judul lembar kedua (lampiran 3)……………..…………25
4. contoh lembar persetujuan dosen penguji (lampiran 4)………………….26
5. contoh pernyataan keaslian tulisan (lampiran 5)…………………………….27
6. contoh daftar isi alternatif 1 (lampiran 6a)……………………………….28
7. contoh daftar isi alternatif 2 (lampiran 6b)………………………………..29
8. contoh daftar isi alternatif 3 (lampiran 6c)……………………………….30
9. contoh daftar table (lampiran 7)………………………………………….31
10. contoh daftar gambar (lampiran 8)……………………………………….32
11. contoh daftar lampiran (lampiran 9)………………………………………33
12. contoh halaman sampul laporan penelitian (lampiran 10)……………….34

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Tugas akhir adalah bentuk karya tulis ilmiah akhir mahasiswa dalam menyelesaikan program study yang ditempuh pada program diploma III (D-III).tugas akhir dapat berisi desain,aplikasi/terapan, atau laporan praktik kerja lapangan/industri.
Laporan penelitian ditulis dalam suatu format laporan, Format diartikan sebagai bentuk susunan, atau organisasi suatu laporan, yaitu bagaimana bagian-bagian laporan itu diurutkan dan disusun. Biasanya format laporan penelitian ditantukan oleh lembaga pemberi dana. Peneliti harus menggunakan format penulisan laporan sesuai dengan permintaan lembaga pemberi dana atau sesuai dengan jenis penelitian yang disetujui untuk didanai. Pedoman penulisan laporan ini berlaku untuk penyusunan laporan penelitian yang dananya dikelola langsung oleh Universitas Negeri Malang.
Laporan penelitian dapat disajikan dengan format bebas atau format tetap. Laporan yang ditulis dengan format bebas tidak dibatasi jumlah babnya serta isi masing-masing babnya. Laporan penelitian dengan format tetap harus mengikuti aturan tertentu mengenai jumlah bab dan isi tiap-tiap bab.
Dalam makalah ini dikemukakan dua cara penulisan laporan, yaitu berdasarkan penelitian kuantitatif dan hasil penelitian kualitatif.

B. Rumusan Masalah
Sehubungan dengan latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah di dalam makalah ini adalah :
1. Apa saja bagian-bagian Format Tugas Akhir Desain atau Implikasinya?
2. Apa saja bagian-bagian Format Laporan Praktik Kerja/Industri?
3. Apa yang dimaksud Laporan Penelitian Kuantitatif danLaporan Penelitian Kualitatif?
C. Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk:
1. Untuk mengetahui bagian-bagian Format Tugas Akhir Desain atau Implikasinya.
2. Untuk mengetahui bagian-bagian Format Laporan Praktik Kerja/Industri.
3. Untuk mengetahui penjelasan dari Laporan Penelitian Kuantitatif dan Laporan Penelitian Kualitatif.

BAB II
PEMBAHASAN

A. ISI DAN FORMAT TUGAS AKHIR
Tugas akhir adalah bentuk karya tulis ilmiah akhir mahasiswa dalam menyelesaikan program studi yang ditempuh pada program diploma III (D-III).tugas akhir dapat berisi desain,aplikasi/terapan, atau laporan praktik kerja lapangan/industri. Penulisannya mengikuti format sebagai berikut.

1. FORMAT TUGAS AKHIR DESAIN ATAU APLIKASI
a. Bagian Awal
Hal-hal yang termasuk dalam bagian awal sama dengan hal-hal yang ada pada bagian awal dalam skripsi, meliputi hal-hal berikut ini.
• Halaman Sampul
Halaman sampul berisi:judul secara lengkap, kata tugas akhir,nama dan nomor induk mahasiswa (NIM), lambang universitas negeri malang (UM) dengan diameter 3 cm,dan diikuti dengan nama lengkap universitas, fakultas, jurusan, dan waktu (bulan-tahun) lulus ujian. Semua huruf dicetak dengan huruf kapital. Komposisi huruf dan tata letak masing-masing bagian diatur secara simetris, rapi, dan serasi. Ukuran huruf yang di gunakan adalah 12-16 poin. (lampiran 1)
• Lembar Logo
Lembar logo hanya berisi lambang (UM) dengan ukuran diameter 8 cm. (lampiran 2)
• Halaman judul
Halaman judul terdiri dari dua halaman. Halaman pertama, isi dan formatnya sama dengan halaman sampul (lampiran 3).
Halaman judul lembar yang kedua memuat antara lain:
1) Judul tugas akhir secara lengkap yang diketik dengan huruf kapital,
2) Teks tugas akhir diajukan kepada Universitas Negeri Malang untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan program diploma …,
3) Nama dan nomer indu mahasiswa, diketik dengan huruf kecil kecuali huruf-huruf pertama dari namadan NIM,
4) Nama lengkap universitas, fakultas, dan jurusan diketik dengan huruf kapital,
5) Bulan (diketik dengan huruf kecil kecuali huruf pertama) dan tahun lulus ujian
• Lembar Persetujuan
Ada dua macam lembar peretujuan. Lembarpersetujuan yang pertama memuat persetujuan dari para pembimbing. Hal-hal yang dicantumkan dalam lembar persetujuan pembimbing adalah :
1) Teks tuga akhir oleh … ini telah di setujui untuk diuji,
2) Nama lengkap dan nomor induk pegawai (NIP) pembimbing I dan pembimbing II (jika ada).
Lembar persetujuan yang kedua berisi pengesahan tugas akhir oleh para penguji, ketua jurusan, dan dekan. Pengesahan ini baru diberikan setelah diadakan penyempurnaan oleh mahasiswa yang bersangkutan sesuai dengan saran-saran yang diberikan oleh para penguji pada saat berlangsungnya ujian. Dalam lembar pesetujuan dosen penguji dicantumkan tangal-bulan-tahun dilaksanakannya ujian, tanda tangan, nama lengkap, dan NIP dari masing-masing dewan penguji dan dekan/ketua jurusan/program studi. (lampiran 4)
• Pernyataan Keaslian Tulisan
Pernyataan keaslian tulisan berisi ungkapan penulis bahwa isi tugas akhir yang ditulisnya bukan merupakan pengambil-alihan tulisan atau pikiran orang lain yang diaku sebagai hasil tulisan atau pemikirannya sendiri: Pengambil-alihan karya orang lain untuk diaku sebagai karya sendiri merupakan tindak kecurangan yang lazim disebut plagiasi. Penulis karya ilmiah harus menghindari diri dari tindak kecurangan ini. (lampiran 5)

• Abstrak
Kata ABSTRAK ditulis di tengah halaman dengan huruf kapital,simetris di bawah atas bidang pengetikan dan tanpa tanda titik. Nama penulis diketik dengan jarak dua spasi dari kata ABSTRAK, di tepi kiri dengan urutan: nama akhir diikuti koma, nama awal, nama tengah (jika ada) diakhiri titik. Tahun lulus ditulis setelah nama,diakhiri titik. Judul dicetak miring dan diketik dengan huruf kecil (kecuali huruf-huruf pertama dari setisp kata) dan diakhiri dengan titik. Kata tugas akhir ditulis setelah judul dan diakhiri dengan koma, diikuti dengan nama jurusan (tidak boleh disingkat), nama fakultas, nama universitas,dan diakhiri dengan titik. Kemudian dicantumkan nama dosen pembimbing I dan II (jika ada) lengkap dengan gelar akademiknya.
Dalam abstrak dicantumkan kata kunci yang ditempatkan dibawah nama dosen pembimbing. Jumlah kata kunci berkisar antara tiga sampai lima kata atau gabungan kata. Kata kunci diperlukan untuk komputerisasi sistem informasi ilmiah.
Teks dihalaman abstrak diketik dengan spasi tunggal (satu spasi) dan panjangnya tidak lebih dari dua halaman kertas ukuran kuarto.

• Kata Pengantar
Dalam kata pengantar dicantumkan ucapan terima kasih penulis yang ditujukan kepada orang-orang, lembaga, organisasi dan pihak-pihak lain yang mimbantu dalam mempersiapkan, melaksanakan dan menyelesaikan penulisan tugas akhir.
Tulisan KATA PENGANTAR diketik dengan huruf kapital, simetris dibatas atas bidang pengetikandan tanpa tanda titik. Teks kata pengantar diketik dengan spasi ganda (dua spasi). Panjang teks tidak lebih dari dua halaman kertas ukuran kuarto. Pada bagian akhir teks (dipojok kanan bawah) dicantumkan kata Penulis tanpa menyebut nama terang.
• Daftar Isi
Didalam halaman daftar isi dimuat judul bab, judul subbab, dan judul anak subbab yang disertai dengan nomor halaman tampat pemuatannya di dalam teks. Semua judul bab diketik dengan huruf kapital, sedangkan judul subbab dan anak subbab hanya huruf awalnya saja yang diketik dengan huruf kapital. Daftar isi hendaknya menggambarkan garis besar organisasi keseluruhan isi. (lampiran 6)
• Daftar Tabel
Halaman daftar tabel memuat nomor tabel, judul tabel, serta nomor halaman tampat pemuatan setiap tabel. Judul tabel dalam daftar tabel harus sama dengan judul tabel yang terdapat didalam teks. Judul tabel yang memerlukan lebih dari satu baris diketik dengan spasi tungal. Antara judul tabel yang stu denga yang lainnya diberi jarak dua spasi. (lampiran 7)
• Daftar Gambar
Pada halaman daftar gambar dicantumkan nomor gambar, judul gambar, dan nomor halaman tampat pemuatannya dalam teks. Judul gambar yang memerluakn lebih dari satu baris diketik dengan spasi tunggal. Antara judul gambar yang stu dengan yang lainnya diberi jarak dua spasi. (lampiran 8)
• Daftar Lampiran
Dalam lampiran memuat nomor lampiran, judul lampiran serta halanam tempat lampiran itu berada. Judul lampiran yang memerlukan lebih dari satu baris diketik dengan spasi tunggal. Antara judul lampiran yang satu dengan yang lainnya diberi jarak dua spasi. (lampiran 9)

b. Bagian Inti
Bagian inti berisi bab-bab yang terdiri atas:
Bab 1 Pendahuluan
A. Latar belakang masalah (hasil kajian pustaka dipadukan dalam bagian latar belakang. Isinya disesuaikan dengan masalah yang diangkat sebagai tugas akhir)
B. Tujuan Penulisan Tugas Akhir
C. Ruang Lingkup Tugas Akhir
D. Kegunaan
E. Definisi Istilah atau Definisi Operasional (pilih salah satu)
Bab 2 Metode Desain dan Komponen Utama
A. Komponen Utama yang di Desain
B. Perhitungan Desain tiap Komponen
C. Gambar prototipe berdasarkan desain
Bab 3 Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran-Saran

c. Bagian Akhir
Bagian akhir memuat:
Daftar Rujukan
Lampiran-Lampiran
Riwayat Hidup

2. FORMAT LAPORAN PRAKTIK KERJA/INDUSTRI
a. Bagian Awal
Hal-hal yang termasuk bagian awal adalah:
 Halaman Sampul
 Lembar Logo
 Halaman Judul
 Lembar Persetujuan
 Lembar persejujuan pembimbing
 Lembar persetujuan dan pengesahan
 Pernyataan Keaslian Tulisan
 Abstrak
 Kata Pengantar
 Daftar Isi
 Daftar Tabel
 Daftar Gambar
 Daftar Lampiran
Daftar Lainnya
b. Bagian Inti
Bagian inti berisi bab-bab yang terdiri atas:
Bab 1 Pandahuluan
A. Latar belakang masalah (hasil kajian pustaka dipadukan dalam bagian latar belakang. Isinya disesuaikan dengan masalah yang diangkat sebagai tugas akhir)
B. Tujuan Penulisan Tugas Akhir
C. Ruang Lingkup Tugas Akhir
D. Kegunaan
E. Definisi Istilah atau Definisi Operasional (pilih salah satu)
Bab 2 Hasil Kerja Lapangan
A. Gambaran Umum Industri
B. Aktifitas yang dilakukan selama praktik
C. Masalah yang dihadapi
D. Alternatif Pemecahan Masalah
E. Pemecahan Masalah yang diambil
Bab 3 Penutup
A. Kesimpulan
B. Saran-Saran

c Bagian Akhir
Bagian akhir memuat:
• Daftar Rujukan
• Lampiran-Lampiran
• Riwayat Hidup

B. ISI DAN FORMAT LAPORAN PENELITIAN
Dalam makalah ini dikemukakan dua cara penulisan laporan, yaitu berdasarkan penelitian kuantitatif dan hasil penelitian kualitatif.
1. LAPORAN PENELITIAN KUANTITATIF
Laporan peneltian kuantitatif disajikan secara lugas, objektif dan apa adanya. Isi pokoknya adalah apa yang diteliti, bagaiamana penelitian dilakuakan, hasil-hasil, serta kesimpulan penelitian. Laporan penelitian kuantitatif terdiri atas tiga bagian utama, yaitu bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir.

Sistematika
a. Bagian awal
Hal-hal yang termasuk dalam bagian awal adalah:
• Halaman Sampul
• Halaman Judul
• Abstrak
• Kata Pengantar
• Daftar Isi
• Daftar Tabel
• Daftar Gambar
• Daftar Lampiran
• Daftar Lainnya

b. Bagian Inti
Bagian inti meliputi:
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah (hasil kajian pustaka dipadukan dalam bagian ini, tidah dicantumkan secara terpisah dalam bab tersendiri)
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Hipotesis Penelitian
E. Kegunaan Penelitian
F. Asumsi
G. Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian
H. Definisi Istilah atau Definisi Operasional
BAB II METODE PENELITIAN
A. Rancangan Penelitian
B. Populasi dan Sampel
C. Instrumen Penelitian
D. Pengumpulan Data
E. Analisis Data
BAB III HASIL PENELITIAN
A. ……………………………………………..
B. ………………………………………………
C. ……………………………………………….
BAB IV PEMBAHASAN (hasilkajian pustaka, berupa temuan-temuan penelitian sebelumnya yang dibandingkan dengan temuan peneliti, dipadukan dalam bagian ini, tidak dicantumkan secara terpisah dalam bab tersendiri)
A. ……………………………………………………
B. ……………………………………………………
C. …………………………………………………….
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

c. Bagian Akhir
Pada bagian akhir ini termuat:
• Daftar Rujukan
• Lampiran-Lampiran

Isi Bagian Awal, Bagian Inti, dan Bagian Akhir
a. Isi Bagian Awal
Hal-hal yang termasuk bagian awal adalah:
• Halaman Sampul
Halaman sampul berisi judul, nama peneliti lengkap dengan gelarnya, lambang Universitas Negeri Malang diikuti dengan tulisan Kementrian Pendidikan Nasional, Universitas Negeri Malang, Lembaga Penelitian diikuti dengan tahun penulisan laporan. Semua huruf dicetak dengan huruf besar. Komposisis huruf dan tataletak masing-masing bagian diaatur rata kiri, rapi dan serasi. (lampiran 10)
• Halaman Judul
Isi dan format halaman judul sama dengan halaman sampul.
• Pernyataan Keaslian Tuliasan
• Abstrak
Kata ABSTRAK ditulis di tengah halaman dengan huruf kapital,simetris di batas atas bidang pengetikan dan tanpa tanda titik. Nama peneliti diketik dengan jarak dua spasi dari kata abstrak, di tepi kiri dengan urutan: nama akhir diikuti koma, nama awal, nama tengah (jika ada) diakhiri titik. Tahun dicantumkan di antara nama dan judul. Judul dicetak miring dan diketik dengan huruf kecil kecuali huruf-huruf pertama dari setisp kata dan diakhiri dengan titik. Dibawah judul dicantumkan kata kunci antara 3-5 kata. Abstrak berisi intisari laporan penelitian yang mencangkup lataar belakang, masalah yang diteliti, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh, kesimpulan yang dapat ditarik dan saran yang diajukan. Teks abstrak diketik dengan spasi tunggal dan panjangnya tidak lebih dari 2 halaman kuarto.
• Kata Pengantar
• Daftar Isi
• Daftar Tabel
• Daftar Gambar
• Daftar Lampiran
• Daftar Lainnya

b. Isi Bagian Inti
Bagian inti meliputi bab-bab berikut:
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah atau Tujuan Penelitian (pilih salah satu saja)
C. Hipotesis Tindakan (jika dianggap perlu)
D. Manfaat Penelitian
E. Ruang Lingkup dan Keterbatasan Penelitian
F. Definisi Istilah atau Definisi Operasional
BAB II KAJIAN PUSTAKA
BAB III METODE PENELITIAN
A. Pendekatan Penelitian
B. Kehadiaran dan Peran Peneliti di Lapangan
C. Kancah Penelitian
D. Subjek Penelitian
E. Data dan sumber data
F. Pengumpulan Data
G. Analisis Data, Evaluasi dan Refleksi
H. Prosedur Penelitian
BAB IV PAPARAN DATA DAN PEMUAN PENELITIAN
A. Paparan Data
B. Temuan Penelitian
a. Temuan Tiap Siklus
b. Temuan Lengkap
BAB V PEMBAHASAN
A. ………………………………………..
B. ………………………………………..
BAB VI PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

c. Isi Bagian Akhir
Bagian akhir laporan penelitian berisi:
• Daftar rujukan
• Lampiran-lampiran.

2. LAPORAN PENELITIAN KUALITATIF
Penulisan laporan kualitatif merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan penelitian kualitatif. Karena penelitian kualitatif dimaksudkan untuk mengungkapkan gejala atau fenomena secara menyeluruh dan kontekstual, maka laporan penelitian kualitatif haruslah mampu memberikan gambaran yang utuh dan kontekstual tentang topik yang diteliti.
Laporan penelitian kualitatif terdiri atas tiga bagian utama, yakni bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Bagian awal berisi abstrak, lata pengantar, daftar isi, daftar tabel/bagan dan daftar lampiran. Bagian inti laporan berisi paparan tentang keseluruhan aktifitas penelitian yang dilakukan, dan bagian akhir berisi daftar rujukan serta lampiran-lampiran.
Ada tiga model formatyang dapt digunakan dalam menulis laporan penelitian kualitatif, yaitu format tetap 1, format tetap 2, dan format bebas.

Alternatif 1
BAB 1 PENDAHULUAN
A. Konteks Penelitian atau Latar Belakang
B. Fokus Penelitian atau Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Landasan Teori
E. Kegunaan Penelitian
BAB II METODE PENELITIAN
A. Pendekatan dan Jenis Penelitian
B. Kehadiran Peneliti
C. Lokasi Peneliti
D. Sumber Data
E. Prosedur Pengumpulan Data
F. Analisis Data
G. Pengecekan Keabsahan Temuan
H. Tahap-tahap Penelitian
BAB III PAPARAN DAN TEMUAN PENELITIAN
BAB IV PEMBAHASAN
BAB V PENUTUP

Alternatif 2
BAB I PENDAHULUAN
A. Konteks Penelitian atau Rumusan Masalah
B. Fokus Penelitian atau Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Metode Penelitian
E. Landasan Teori
BAB II
(bab ini dan bab-bab sealanjutnya memuat hasil-hasil penelitian yang diperolehnya. Judul dan isi masing-masing bab disesuaikan dengan topik dan hasil penelitiannya, termasuk pembahasannya.)
Bagian inti laporan kualitatif diakhiri dengan bab penutup yang berisi kesimpulan dan saran.
Secara garis besar,penulisan laporan penelitian kualitatif dilakukanmelalui dua tahap: tahap perencanaan (prapenulisan) dan tahap penulisan. Ada tiga hal pokok yang perlu diperhatikan dalam tahap prapenulisan.
1) Menyusun atau menata data kedalam susunan yang ”baik” yang dapat memudahkan penyusun laporan sewaktu memerlukannya. Penataan data dapat dilakukan sewaktu pemrosesan data berlangsung. Penataan dapat dilakukan dengan model klasifikasi atau dalam bentuk indeks.
2) Memuat kerangka laporan. Pembuatan kerangka laporan perlu dilakukan sedini mungkin. Laporan yang dirancang dalam menggunakan format tetap memerlukan penataan data yang tidak sama dengan laporan yang disusun dengan menggunakan format bebas.
3) Melakukan uji silang (check) antara indeks data dengan kerangka laporan yang disusun. Dalam uji silang ini ada kemungkinan kerangka laporan yang telah disusun akan mengalamiperubahan-perubahan. Kegiatan uji silang akan sangatmembantu kelancaran penulisan laporan penelitian.

Untuk dapat menghasilkan laporan penelitian yang baik, perlu diperhatikan hal-hal berikut:
1) penulisan laporan penelitian kualitatif hendaknya berpegang pada prinsip emik, yakni lebih mengutamakan sudut pandang subjek dalam memahami realita.
2) Penulisan hendaknya tidak bersifat penafsiran atau evaluatif, kecuali pada bagian yang mempersoalkan hal tersebut. Penulisan laporan harus dapat secara tepat membedakan bagian mana yang merupakan penafsiran peneliti terhadap data.
3) Jangan terlalu banyak menyajikan data.pada tahap awal penulisan biasanya data penelitian yang dimasukkan sangat banyak, sehingga laporan penelitian menjadi sangat tebal. Pada tahap-tahap selanjutnya, penulis laporan akan mengeluarkan data yang tidak penting, sehingga akhirnya hanya data yang diperlukan saja yang dimasukkan dalam laporan penelitian.
4) Penulis laporan hendaknya menyusun jadwal penyusunan laporan penelitian secara rinci dan melaksanakan jadwal yang telah disusun secara lekat.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Menurut penjelasan yang ada di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penulisan tugas akhir mengikuti format, terdapat dua format yakni: format tugas akhir desain atau aplikasi dan format laporan praktik kerja/industri.
Dalam isi dan format laporan penelitian terdapat dua bentuk laporan yakni: laporan penelitian kualitatif dan laporan penelitian kuantitatif.

B. Saran
Penulis menyadari sepenuhnya atas segala kekurangan pada makalah ini dan penulis dengan senang hati dan akan menerima saran serta kritik demi kesempurnaan makalah ini. Atas segala saran dan bantuan, penulis sampaikan terima kasih.

Contoh halaman sampul (lampiran 1)

STUDI KASUS PENANGANAN ANAK PENDIAM
Di TK LABOLATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

TUGAS AKHIR

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mengikuti Ujian Menyelesaikan Studi Program Diploma II Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak

Oleh :
Binti Sulistiorini
107157253186

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU TAMAN KANAK-KANAK
JURUSAN KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
DESEMBER 2009

Keterangan
1. Harap diperhatikan bahwa jenis huruf (forn) untuk teks UNIVERSITAS NEGERI MALANG pada lingkaran logo adalah Zapfhumnst B.T
2. Print-out contoh logo yang benar pada file komputernya dapat diperoleh di subag Sistem informasi, Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi, BAAKPSI, Gedung A2, lantai II, atau dapat diunduh di http://www.um.ac.id/data/download/fileBDC32E59DD230E9B94D813F8D6A14.cdr

Contoh Halaman Jdul Sripsi Lembar Kedua (lampiran 3)
4,5 cm dari tepi atas kertas

STUDI KASUS PENANGANAN ANAN PENDIAM
Di TK LABOLATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2,5 cm

3,5 cm

TUGAS AKHIR
Diajukan kepada 3,5 cm
Universitas Negari Malang
untuk memenuhi salah satu persyaratan
dalam menyelesaikan program Diploma

3,5 cm

Oleh
Binti Sulistiorini 1,5 cm
NIM 100153405967

3 cm

UNIVERSITAS NEGERI MALANG 2 cm
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH
PROGRAM STUDI D-II PENDIDIKAN GURU TAMAN KANAK-KANAK
Februari 2011
3 cm dari
tepi bawah
kertas

Contoh lembar persetujuan dosen penguji (lampiran 4)

Contoh persetujuan dan pengesahan Tugas Akhir

Tugas Akhir oleh ……………….ini
Telah diprtahankan di depan dewan penguji
Pada tanggal……………………………

Dewan Penguji

……………………………. , Ketua
(nama lengkap)

…………………………….. , Anggota
(nama lengkap)

………………………………. , Anggota
(nama lengkap)

Mengetahui, Mengesahkan,
Ketua Jurusan…………………….. Dekan Fakultas……………………….

(nama lengkap) (Nama lengkap)
NIP ……………………….. NIP……………………………………..

Contoh Pernyataan Keaslian Tulisan (lampiran 5)

PERNYATAAN KESLIAN TULISAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
NIM :
Jurusan/Program Study :
Fakultas Program :

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Tugas Akhir yang saya tulis ini benar-benar tulisan saya, dan bukan merupakan plagiasi baik sebagian atau seluruhnya.

Apabila di kemudian hari terbukti bahwa Tugas Akhir ini hasil plagiasi, baik sebagian atau seluruhnya, maka saya bersedia menerima sanksi atas perbuatan tersebut sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Blitar,…………………..
Yang memuat pertanyaan

Tanda tangan

______________

Contoh daftar isi alternatif 1 (lamnpiran 6a)

DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………………….i
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………..iii
DAFTAR LAMPIRAN……………………………………………………………………………….iv

BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah……….……..……………………………………1
Rumusan Masalah………………………….……………..………………2
Tujuan Penulisan……………..…………………………………………..2

BAB II PEMBAHASAN
ISI DAN FORMAT TUGAS AKHIR……………………………………..….3
FORMAT TUGAS AKHIR DESAIN AKHIR ATAU IMPLIKASI…………………………………………………………………………..3
FORMAT LAPORAN PRAKTIK KERJA/INDUSTRI………………9
ISI DAN FORMAT LAPORAN PENELITIAN…………………………………11
LAPORAN PENELITIAN KUANTITATIF……………………………11
LAPORAN PENELITIAN KUALTITATIF…………………….18

BAB III PENUTUP
KESIMPULAN………………………………………………………………………………22
SARAN………….………….………………………………….…………………22
(dan seterusnya)
Contoh daftar isi alternatif 2 (lamnpiran 6b)

DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………………….i
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………..iii
DAFTAR LAMPIRAN……………………………………………………………………………….iv

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah……….……..……………………………………1
B. Rumusan Masalah………………………….……………..………………2
C. Tujuan Penulisan……………..…………………………………………..2

BAB II PEMBAHASAN
A. ISI DAN FORMAT TUGAS AKHIR…………………………..….3
1. FORMAT TUGAS AKHIR DESAIN AKHIR ATAU IMPLIKASI………………………………………………………………..3
2. FORMAT LAPORAN PRAKTIK KERJA/INDUSTRI……9
B. ISI DAN FORMAT LAPORAN PENELITIAN………………………11
1. LAPORAN PENELITIAN KUANTITATIF…………………11
2. LAPORAN PENELITIAN KUALTITATIF…………….18

BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN……………………………………………………………………22
B. SARAN………….………….……………………….…………………22

Contoh daftar isi alternatif 1 (lamnpiran 6a)

DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………………….i
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………………..iii
DAFTAR LAMPIRAN……………………………………………………………………………….iv

BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah……….……..……………………………………1
1.2 Rumusan Masalah………………………….……………..………………2
1.3 Tujuan Penulisan……………..…………………………………………..2

BAB II PEMBAHASAN
2.1 ISI DAN FORMAT TUGAS AKHIR…………………………..….3
2.1.1 FORMAT TUGAS AKHIR DESAIN AKHIR ATAU IMPLIKASI…………………………………………………………..3
2.1.2 FORMAT LAPORAN PRAKTIK KERJA/INDUSTRI………………………………………………..9

2.2 ISI DAN FORMAT LAPORAN PENELITIAN………………………11
2.2.1 LAPORAN PENELITIAN KUANTITATIF…………………………………………………..11
2.2.2 LAPORAN PENELITIAN KUALTITATIF……………………………………….18

BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN………………………………………………………………22
3.2 SARAN………….……………………………….…………………22
Contoh daftar tabel (lampiran 7)

DAFTAR TABEL

Tabel
1.1 Persiapan, Penyelenggaraan, dan Pemanfaatan Pendidikan Luar Negeri……..10
1.2 Sebaran Sampel Lulusan……………………………………………………………………….22
2.1 Informasi tentang Gelar Akademik dan Keahlian Lulusan (Responden : Sejawat)………………………………………………………………………………………………31
2.2 Informasi tentang Gelar Akademik dan Keahlian Lulusan (Responden : Mahasiswa)…………………………………………………………………………………………31
3.1 Ketrlibatan Lulusan dalam Program-program Pengembangan Staf (Responden : Lulusan)……………………………………………………………………………………………47
3.2 Keterlibatan Lulusan dalam Pengembangan Program dan Relevansinya dengan Bidang Keahlian Lulusan (Responden : Lulusan)………………………….49

Contoh Daftar Gambar (lampiran 8)

DAFTAR GAMBAR

Halaman
2.1 Ragam Bentuk Tubuh Hewan Darat……………………………………………….67
2.2 Bagian-bagian Tubuh Hewan Darat……………………………………………….67
2.3 Gambar Kucing……………………………………………………………………………68
2.4 Gambar Hewan Berkaki Dua…………………………………………………………68
3.1 Gambar Hewan Berkaki Empat……………………………………………………..70
3.2 Gambar Hewan Air………………………………………………………………………71
3.3 Bagian-bagian Tubuh Hewan Darat……………………………………………….71
3.4 Gambar Ikan yang Bernafas Melalui Insang……………………………………72
3.4 Gambar Ikan yang Bernafas Melalui Paru-paru……………………………….72
3.5 Gambar Unggas…………………………………………………………………………..74
3.6 Bagian-bagian Unggas………………………………………………………………….75
3.7 Ragam Bentuk Tubuh Unggas……………………………………………………….77

Contoh Daftar Lampiran (lampiran 9)

DAFTAR LAMPIRAN

Halaman
13. lampiran 1 (contoh halaman sampul)…………………………………….23
14. contoh halaman logo (lampiran 2)……………………………………….24
15. contoh halaman judul lembar kedua (lampiran 3)…………..……………25
16. contohblembr persetujuan dosen penguji (lampiran 4)…..………………26
17. contoh pernyataan keaslian tulisan (lampiran 5)…………………………27
18. contoh daftar isi alternatif 1 (lampiran 6a)……………………………….28
19. contoh daftar isi alternatif 2 (lampiran 6b)……………………………….29
20. contoh daftar isi alternatif 3 (lampiran 6c)……………………………….30
21. contoh daftar tabel (lampiran 7)………………………………………….31
22. contoh daftar gambar (lampiran 8)……………………………………….32
23. contoh daftar isi lampiran (lampiran 9)…….…………………………….33
24. contoh halaman sampul laporan penelitian (lampiran 10)……………….34

Contoh halaman sampul laporan penelitian (lampiran 10)

PENGEMBANGAN KESESUAIAN MODEL PENGUKURAN
VOLADITAS, DVERSIFIKASI
DAN TINGKAT STABILITAS RISIKO
PADA SERANGKAIAN KEGIATAN INVESTASI

MAKALAH
UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Yang dibina oleh Bapak Drs.Hadi Mustofa, M. Pd

TIM PENELITI
OLEH
BINTI SULISTIORINI, A. Md
ANJANISMALAREGA, A. Md
WAHJU SUBEKTI, A. Md

UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH
PROGRAM STUDI S1 PAUD
Februari 2011

teman-teman terima kasih telah mengunjungi blok kami

tinggalkan pesan,,,terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: