riniraihan

KARYA TULIS ILMIAH

Posted on: February 27, 2011

KARYA TULIS ILMIAH

oleh: rini raihan
“Bahasa Indonesia Keilmuan”
UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH
PROGRAM STUDI S1 PAUD
JANUARI 2011
KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan makalah tugas mata kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan yang berjudul “Karya Tulis Ilmiah” dengan baik.
Dalam makalah ini, kami menjelaskan tentang pengertian Karya Tulis Ilmiah, sikap ilmiah, jenis-jenis karya ilmiah, langkah-langkah dalam menyusun Kaya Ilmiah.
Penulis menyadari sepenuhnya atas segala kekurangan pada makalah ini dan penulis dengan senang hati dan akan menerima saran serta kritik demi kesempurnaan makalah ini. Atas segala saran dan bantuan, penulis sampaikan terima kasih.

Blitar, Januari 2011

Penulis

DAFTAR ISI

Halaman Judul………………………………………………………………………….i
Daftar Isi……………………………………………………………………………….ii
Kata Pengantar…………………………………………………………………………iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah…………………………………………………………1
B. Rumusan Masalah………………………………………………………………1
C. Tujuan Penulisan………………………………………………………………..2
BAB II PEMBAHASAN
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan dan Saran…………………………………………………………6
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………………………………..7

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Karya tulis ilmiah merupakan karya tulis yang di susun oleh ilmuan atau masyarakat akademis sebagai karya puncak atau karya monumental yang menandai kapakarannya.
Karya ilmiah pada dasarnya merupakan sarana penyampaian informasi baru yang berbentuk gagasan, kajian, atau temuan hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang-bidang keilmuan yang digelutinya.
Karya tulis ilmiah dirancang dengan tujuan dan maksud tertentu. Oleh karena itu, maka kita melihat beberapa karya tulis ilmiah dalam beberapa bentuk, seperti makalah, artikel, proposal, skripsi, tesis atau disertasi. Masing-masing bentuk karya tulis tersebut memiliki format yang berbeda sesuai dengan tujuan dan maksud penulisannya.
Ada berbagai manfaat akademis yang dapat diperoleh bila menekuni kegiatan karya ilmiah, misalnya terpacu membaca secara selektif, terlatih menggabungkan hasil bacaan, menyarikan, dan mengembangkannya, terbiasa melacak atau mencari informasi di perpustakaan, terbiasa menemukan fakta, mengorganisasikan, dan menyajikan fakta secara jelas dan sistematis, terbiasa berpikir ilmiah, baik secara induktif, dedukatif, maupun penggabungan keduanya, mendapatkan kepuasan intelektual, dan turut andil dalam membuka cakrawala iptek bagi masyarakat.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka terdapat rumusan masalah sebagai berikut:
1. apa pengertian karya ilmiah?
2. apa yang dimaksud sikap ilmiah?
3. apa sajakah jenis-jenis karya ilmiah?
4. bagaimana langkah-langkah penulisan karya ilmiah?
5. apa pengertian kerangka dan langkah-langkah penyusunan kerangka?

C. Tujuan Pembahasan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka terdapat beberapa tujuan al:
1. menjelaskan tentang pengertian karyta ilmiah.
2. menjelaskan tentang sikap ilmiah.
3. menjelaskan jenis-jenis karya ilmiah.
4. menjelaskan langkah-langkah penulisan karya ilmiah.
5. menjelaskan pengertian kerangka dan langkah-langkah penyusunan kerangka.

BAB II
PEMBAHASAN

Karya tulis ilmiah merupakan karya tulis yng di susun oleh ilmuan atau masyarakat akademis sebagai karya puncak atau karya monumental yang menandai kapakarannya.
Macam dan Format Karya Tulis Ilmiah:
a) Makalah
Karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah disertai analisis logis dan objektif. Secara umum tujuan penulisan makalah adalah untuk kepentingan penyajian hasil penelitian atau gagasan pemikiran dalam suatu diskusi. Oleh karena itu, makalah umumnya ditulis secara singkat dan ringkas tanpa bab-bab
b) Kertas kerja
Kertas kerja pada prinsipnya sama dengan makalah. Kertas kerja dibuat dengan analisis lebih dalam dan tajam. Kertas kerja ditulis untuk dipresentasikan pada seminar atau lokakarya, yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan. Pada ‘perhelatan ilmiah’ tersebut kertas kerja dijadikan acuan untuk tujuan tertentu. Bisa jadi, kertas kerja ‘dimentahkan’ karena lemah, baik dari susut analisis rasional, empiris, ketepatan masalah, analisis, kesimpulan, atau kemanfaatannya.
c) Artikel
Artikel adalah karya tulis yang dirancang untuk penerbitan jurnal ilmiah. Artikel ini ditulis secara ringkas dan berisi hal-hal penting. Karena ringkas, maka ia tidak memiliki bab-bab. Artikel ilmiah dapat berupa hasil penelitian atau gagasan konseptual
d) Skripsi
Skripsi adalah karya tulis (ilmiah) mahasiswa untuk melengkapi syarat mendapatkan gelar sarjana (S1). Bobotnya 6 satuan kredit semster (SKS) dan dalam pengerjakannya dibantu dosen pembimbing. Dosen pembimbing berperan ‘mengawal’ dari awal sampai akhir hingga mahasiswa mampu mengerjakan dan mempertahankannya pada ujian skripsi.
e) Tesis
Tesis adalah jenis karya ilmiah yang bobot ilmiahnya lebih dalam dan tajam dibandingkan skripsi. Ditulis untuk menyelesaikan pendidikan pascasarjana. Mahasiswa melakukan penelitian mandiri, menguji satu atau lebih hipotesis dalam mengungkapkan ‘pengetahuan baru’.
f) Desertasi
pencapaian gelar akademik tertinggi adalah predikat Doktor. Gelar Doktor (Ph.D) dimungkinkan manakala mahasiswa (S3) telah mempertahankan disertasi dihadapan Dewan Penguji Disertasi yang terdiri dari profesor atau Doktor dibidang masing-masing. Disertasi ditulis berdasarkan penemuan (keilmuan) orisinil dimana penulis mengemukan dalil yang dibuktikan berdasarkan data dan fakta valid dengan analisis terinci.
g) Buku teks dan buku ajar
buku teks dan buku ajar merupakan karya ilmiah yang berisi suatu materi kuliah atau pelajaran untuk mendukung keberhasilan dalam proses pembelajaran, baik di perguruan tinggi atau di sekolah

ciri-ciri karya ilmiah adalah sebagai berikut :
1. Objektif
keobjektifan tampak pada setiap fakta dan data yang diungkapkan berdasarkan kenyataan yang sebenarnya.
2. Netral
kenetralan ini bisa terlihat pada setiap pernyataan atau penilaian bebas dari kepentingan-kepentingan tertentu baik kepentingan pribadi maupun kelompok
3. sistematis
karya ilmiah dapat dikatakan sistematis jika mengikuti pola pengembangan tertentu. Misalnya pola urutan, klasifikasi, kausalitas, dsb.
4. logis
kelogisan pada karya ilmiah dapat dilihat pada pola nalar yang digunakannya.
5. menyajikan fakta
setiap pernyataan, uraian, atau kesimpulan dalam karya ilmiah harus berbentuk faktual.

A. SIKAP ILMIAH
Sikap ilmiah merupakan sikap yang harus dimiliki penulis karya ilmiah ketika menghadapi persoalan-persoalan ilmiah.
Sikap-sikap ilmiah al :
1. keingintahuan tinggi
Sikap ingin tahu ini terlihat pada kebiasaan bertanya tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bidang kajiannya
2. kritis dalam menanggapi pikiran orang
Sikap kritis ini terlihat pada kebiasaan mencari informasi sebanyak mungkin berkaitan dengan bidang kajiannya untuk dibanding-banding kelebihan-kekurangannya, kecocokan-tidaknya, kebenaran-tidaknya, dan sebagainya.

3. objektif dalam bertindak
Sikap terbuka ini terlihat pada kebiasaan mau mendengarkan pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain, walaupun pada akhirnya pendapat, argumentasi, kritik, dan keterangan orang lain tersebut tidak diterima karena tidak sepaham atau tidak sesuai.

4. mampu menghargai orang lain
Sikap menghargai karya orang lain ini terlihat pada kebiasaan menyebutkan sumber secara jelas sekiranya pernyataan atau pendapat yang disampaikan memang berasal dari pernyataan atau pendapat orang lain.

5. berani mempertahankan kebenaran
Sikap ini menampak pada ketegaran membela fakta dan hasil temuan lapangan atau pengembangan walapun bertentangan atau tidak sesuai dengan teori atau dalil yang ada.

6. memiliki pandangan kedepan
Sikap ini dibuktikan dengan selalu ingin membuktikan hipotesis yang disusunnya demi pengembangan bidang ilmunya.

B. JENIS-JENIS KARYA ILMIAH
Jenis-jenis karya ilmiah berdasarkan bahan kajian dan tipe pembahasannya antara lain:
1. Berdasarkan Hasil Kajian Pustaka
2. Berdasarkan Hasil Penelitian Lapangan
3. Berdasarkan Hasil Pengembangan

C. LANGKAH-LANGKAH DALAM MENULIS KARYA ILMIAH
Ada 4 langkah dalam menulis karya ilmiah al:
1. pemilihan Topik atau Tema
2. membuat Kerangka Tulisan
3. penulisan Draft
4. penyutingan Naskah

D. MENYUSUN KERANGKA
Kerangka adalah garis besar atau rancangan isi karangan yang dikembangkan dari topik yang telah ditentukan. Ide-ide atau gagasan-gagasan yang terdapat dalam kerangka pada dasarnya adalah penjelas atau ide bawahan topik.
Suatu kerangka dikatakan utuh bila bagian-bagian yang ada di dalamnya menjelaskan semua permasalahan yang terdapat dalam topik. kecermatan suatu kerangka ditandai oleh adanya gagasan penjelas yang terdapat pada subbab.
E. TAHAPAN PENYUSUNAN KERANGKA
Ada beberapa tahapan dalam menyusun kerangka dalam menulis karya ilmiah antara lain:
1. catatlah semua gagasan yang berhubungan dengan topik.
2. kelompokkanlah gagasan-gagasan yang sudah dicatat pada langkah pertama berdasarkan kriteria tertentu.
3. urutkan kelompok-kelompok gagasan tersebut secara sistematis.
4. menambahkan gagasan pada bagian yang kurang dan menghilangkan gagasan yang berlebih dan tidak perlu.
5. sesuaikan kerangka berdasarkan pola atau konvensi kerangka pada jenis karya tulis ilmiah tertentu, atau berdasarkan pedoman penulisan yang telah ditetapkan.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Menurut penjelasan yang ada di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat macam-macam bentuk Karya Tulis Ilmiah antara lain makalah,kertas kerja, artikel, skripsi, tesis, desertasi, buku teks.
Secara umum terdapat langkah-langkah dalam menulis karya ilmiah, baik skripsi,tesis, desertasi artikel, maupun buku teks, dan buku ajar. Langkah-lanhkah tersebut seperti pemilihan topic, menyusun kerangka, pengumpulan bahan, dan penulisan.
B. Saran
Penulis menyadari sepenuhnya atas segala kekurangan pada makalah ini dan penulis dengan senang hati dan akan menerima saran serta kritik demi kesempurnaan makalah ini. Atas segala saran dan bantuan, penulis sampaikan terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: