riniraihan

PEMETAAN TAHAPAN BERMAIN ANAK USIA DINI USIA 3-4 TAHUN

Posted on: February 22, 2012

PEMETAAN TAHAPAN BERMAIN ANAK USIA DINI
USIA 3-4 TAHUN

Di susun untuk memenuhi mata kuliah
“kajian pengembangan bermain dan permainan”
Yang dibina oleh Drs. I Wayan Sutama, M.Pd

KELOMPOK
Binti Sulistiorini (100153405967)

UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
KEPENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PRASEKOLAH
PRODI S1 PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI
Pebruari 2012
1. Pemetaan

Usia
Tahapan perkembangan bermain

Jean Piaget
Mildred Patren
Hurlock Rubin, Fein & Vandenberg
dan Smilansky

0-1

Sensory Motor Play
Unoccopied Play

Tahap Penjelajahan (Exploratory stage)
1-2 Solitary Play
Bermain Fungsional (Functional Play)
2-3

Symbolic atau Make Believe Play Onlooker Play
3-4 Pararel Play Bermain Bangun Membangun (Constructive Play)
Bermain Pura-pura (Make-believe Play)
4-5 Assosiative Play
5-6 Cooperative Play Tahap Mainan (Toy stage)

6-7

Deskripsi: karakteristik anak usia 3-4 th dalam bermain, anak mulai belajar berinteraksi dengan teman sebayanya walaupun sifat egosentrisnya masih sangat terlihat, karena itulah anak usia ini akan sering bertengkar dengan temannya karena berebut mainan, berebut makanan dan lainnya, tetapi untuk beberapa anak sudah ada yang dapat berbagi dengan temannya, baik berbagi makanan maupun bertukar mainan. Anak usia 3-4 th juga belum bisa untuk menaati peraturan karena jika pada kegiatan-kegiatan tertentu seperti senam dan baris-berbaris anak akan tetap berada di dalam kelas.

2. Pengamatan

a) hasil amatan
• bermain sendiri
• mulai belajar berinteraksi
• bahasanya berkembang pesat
• sering bertengkar
• sering berebut mainan
• sangat tertarik dengan mainan baru, namun cepat bosan
• perhatiannya mudah dialihkan

b) kroscek dengan teori
• Mildred Patren (Assosiative Play) Ditandai dengan adanya interaksi antar anak yang bermain saling tukar mainan, akan tetapi bila diamati anak tidak terlibat dalam kerjasama

Koscek = sesuai,

Dalam gambar anak saling bertukar mainan dan ber komunikasi namun anak asik dengan mainannya yang dipegangnya sendiri.

Terlihat pada gambar diatas, anak bersama-sama bermain balok, namun anak asik menumpuk baloknya sendiri-sendiri. Meskipun anak terlibat Tanya jawab namun mereka bermain sendiri.

• Jean Piaget (Symbolic atau Make Believe Play) Merupakan ciri periode operasional yang ditandai dengan bermain khayal (pura-pura). Pada tahapan ini, anak sudah mulai dapat menggunakan berbagai benda sebagai simbol atau representasi benda lain.

Kroscek = sesuai,

anak-anak menganggap bangku/meja sebagai mobil-mobilan serta dinaikinya

Anak menjadikan meja-meja tersebut sebagai tembok, dan dijadikan rumah-rumahan

Anak menganggap bak sebagai mobil-mobilan

Anak menganggap bak sebagai kereta-keretaan, dan berjalan serta berlari-lari Bergandengan Dengan temannya

• Hurlock, Tahap Penjelajahan (Exploratory stage) Ciri khasnya adalah berupa kegiatan mengenai obyek atau orang lain, mencoba menjangkau atau meraih benda dikelilingannya, lalu mengamatinya.

Kroscek = tidak sesuai, karena anak usia 3-4 tahun lebih tertarik dengan mainan yang dibelinya

• Rubin, Fein & Vandenberg (1983) dan Smilansky (1968)
 Bangun Membangun (Constructive Play)
Tampak pada anak usia 3-6 tahun. Anak membentuk sesuatu, menciptakan bengunan tertentu dengan alat permainan yang tersedia.

Kroscek = sesuai

Anak membangun rumah-rumahan dari meja-meja tersebut

Anak sedang membangun rumah-rumahan dari balok
 Bermain Pura-pura (Make-believe Play)
Banyak dilakukan anak berusia 3-7 tahun. Dalam bermain pura-pura anak menirukan kegiatan orang yang pernah dijumpainya dalam kehidupan sehari-hari.
Kroscek = sesuai,

Anak pura-pura menjadi sopir truk yang sedang mengangkut kayu

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: